Titik 0 Kilometer Jogja


Ketersediaan : Tersedia

Titik Nol Kilometer, Jantungnya Yogyakarta



Titik Nol Kilometer merupakan tempat dimulainya segala kisah tentang Jogja. Di persimpangan ini kamu bisa melihat Jogja secara utuh. Jogja yang semrawut namun syahdu, Jogja yang modern namun tetap mempertahanan lokalitas, Jogja yang mencipta kelu juga rindu.

Lokasi dan Akses


Titik Nol Kilometer Yogyakarta berada di pusat Kota Yogyakarta, tak jauh dari Jalan Malioboro. Kawasan ini merupakan pertemuan dari Jl. A. Yani, Jl. KH Ahmad Dahlan, Jl. Panembahan Senopati, dan ruas jalan menuju Alun – alun Utara (Keraton Yogyakarta). Untuk mencapai kawasan Titik Nol Kilometer kamu bisa naik bus Transjogja, bus kota, taksi, andong, becak, atau berjalan kaki.

Titik Nol Kilometer menjadi tempat wajib bagi kamu yang memilih menghabiskan liburan di Yogyakarta. Berada tepat di jantung kota Jogja, kawasan ini selalu ramai dilewati orang setiap harinya. Mulai dari subuh, pagi, siang, malam, hingga dini hari. Titik Nol Kilometer adalah denyut nadi Jogja.

Related image

source : https://dolandolen.com/travel-directory/titik-nol-yogyakarta/

Mengunjungi Titik Nol Kilometer akan membawamu ke Yogyakarta di masa lalu. Pasalnya kawasan di sekitar Titik Nol Kilometer merupakan kawasan penting pada masa lalu hingga kini. Di perempatan ini terdapat bagunan-bangunan yang menjadi landmark, sebut saja gedung Bank Indonesia, Gedung Bank Indonesia, dan Gedung Kantor Pos Besar.

Tepat di depan gedung Kantor Pos Besar, kamu akan menemukan Monumen Serangan 1 Maret yang saat ini kerap digunakan sebagai tempat pergelaran seni dan budaya. Di belakang Monumen Serangan Umum 1 Maret terdapat Museum Benteng Vredenburg yang berdiri dengan gagah. Sedangkan di seberang Benteng ada Istana Kepresidenan Gedung Agung.

Selain dikelilingi bangunan-bangunan indis yang megah, di kawasan Titik Nol Kilometer juga terdapat area hijau dengan pepohonan yang rindang serta bangku-bangku taman yang unik. Aneka instalasi seni yang dipasang di kawasan Titik Nol Kilometer ini menjadikan suasana semakin semarak. Saat senja menjelang, kawasan ini akan dipenuhi oleh muda-mudi dan warga yang menikmati suasana Jogja. Pemusik dan penyanyi jalanan siap menghiburmu tatkala malam tiba. Sembari bersantai, kamu pun bisa menikmati aneka penganan yang dijajakan oleh pedagang kaki lima.

Image result for TITIK 0 KM JOGJA DARI ATAS

source : https://blog.gotomalls.com/2017/12/tahun-baru-jogja-yang-selalu-istimewa/

Aktifitas-aktifitas yang Bisa Kamu Lakukan di Titik 0 Kilometer


1. Menikmati Suasana Sore Kota di Bangku Sekitar

Menikmati suasana sambil nongkrong di bangku-bangku yang tersebar disini bisa jadi kegiatan yang asyik loh! Apalagi untuk menghabiskan sore di Titik Nol Km Yogyakarta. Kalian bisa mengobrol bersama teman (atau pacar) sambil menikmati kopi atau makan sate yang memang banyak dijual oleh pedagang keliling disekitar sana. Ditambah lagi dengan beberapa pertunjukan pengamen bersuara merdu akan menambah semaraknya sore di tempat ini. 

2. Berburu Kuliner

Ada banyak macam pilihannya, sesuaikan saja dengan kondisi kantong dan selera. Mulai dari kopi, teh, makanan ringan seperti sate kere (sate lemak), jadah, dsb

Image result for sate kere jogja

source : https://resepnusantara.id/sate-kere-khas-yogyakarta/

3. Bertemu dengan Komunitas Lokal

Ada banyak komunitas lokal yang sering mangkal di sini. Misalnya para komunitas pecinta sepeda BMX, fixie, sampai sepeda onthel. Selain itu ada juga komunitas skateboarding dan in-line skating. Pokoknya, tempat ini gak pernah sepi dari mereka deh! Kalau tertarik, tinggal tongkrongin aja komunitas yang kalian suka, siapa tahu ada menarik untuk diikuti!

4. Berburu Foto
Ada banyak objek foto menarik disini. Mulai dari kendaraan yang lalu lalang di perempatan Titik Nol Km, hingga suasana sore hari disini yang begitu syahdu. Selain itu, biasanya dipajang juga berbagai patung ikonik karya mahasiswa atau pengrajin dari Jogja. Pastikan baterai HP/kamera kamu penuh ya!

5. Melihat Oyot Godhong Cabaret Show

Pengen nonton Cabaret Show? Ngggak perlu jauh-jauh ke liburan ke Thailand. Kalian tinggal menonton Cabaret Show yang diadakan setiap malam Minggu di kafe Oyot Godhong. Gak perlu terbang jauh-jauh kan? Bisa main ke Yogyakarta lalu menonton kelihaian mereka menghibur penontonnya. Para lady boy di Kafe Oyot Godhong ini akan menghibur penonton dengan kelihaian mereka melakukan lipsync sekaligus menari di atas panggung. Jangan heran kalau kalian mungkin akan dibuat kagum hingga sampai terpingkal-pingkal karena aksi mereka.

6. Berburu Barang Bekas Murah di Pasar Sore yang Berada Tak Jauh di samping Pasar Beringharjo

Nah buat yang suka belanja barang murah, kalian bisa mencoba keisni nih. Selain juga bisa cari pernak-pernik dan berburu oleh-oleh, disini kalian juga bisa sekalian cuci mata. Datang aja ke Pasar Sore Malioboro yang terletak di sebelah selatan Pasar Beringharjo. Disini ada berbagai barang dagangan yang masih bisa kalian tawar harganya. Barang yang dijajakan di sini bervariasi. Mulai dari pakaian, aksesoris, makanan oleh-oleh, sampai onderdil bekas bisa kalian temukan loh kesini.

7. Berfoto Sama Makhluk Jadi-Jadian Bergentayangan di Titik Nol Kilometer

Nggak usah takut! Karena makhluk yang ada disini memang benar-benar jadi-jadian. Maksudnya ya cuma manusia yang menggunakan kostum hantu indonesia gitu. Ada banyak makhluk jadi-jadian seperti pocong dan kuntilanak berkeliaran di sini. Mereka adalah seniman-seniman lokal yang berdandan seram ala makhluk halus. Uniknya, kadang penampilan mereka pun gak begitu menyeramkan. Misalnya ada yang berdandan hantu pocong tetapi pakai kain kafan warna-warni

8. Menikmati Alunan Musik dari Pemusik Lokal
Mereka ini pengamen lokal Jogja yang bakal menyuguhkan musik yang pasti bikin kita berdecak kagum. Ga cuma 1 orang lho yang mainin, 1 grup musik bisa punya anggota 5-10 orang. Pastikan kita mengapresiasi usaha dan karya mereka dengan ngasih sebagian uang kita yaa!



Cari penginapan/homestay yg nyaman, dekat dengan pusat kota, terjangkau, dan mudah diakses?

Aldebaran Homestay jawabannya...

Letak yg strategis di dekat batas kota Yogya dan kabupaten Sleman, menjadikan homestay kami mudah dicari dan diakses oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Menawarkan kamar yang sejuk, luas, bersih, dan design zaman now. Menjadikan liburan di Jogja Anda semakin berkesan.

Tersedia juga sewa mobil atau motor dengan harga terjangkau

More info please contact : 082 242 519 444