Pantai Samas


Ketersediaan : Tersedia

Pantai Samas 

Source : http://spotunik.com/spot/detail/236/pantai-samas.html 

Berlibur ke pantai merupakan suatu kegiatan yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan anak – remaja -  Dewasa atau bahkan yang sudah berumur. Sudah jelas perairan di Indonesia lebih luas dibanding daratan. Melihat bermunculan nama pantai bari di Indonesia ini tak luput dengan pantai yang lebih dulu eksin dan tentunya tetap indah, salah satunya Pantai Samas. Pantai Samas adalah salah satu pantai yang cukup populer di kalangan anak muda. Pantai Samas ini terkenal dengan keindahan pantainya yang disertai dengan angin kencang dan ombak laut yang menggulung, delta-delta sungai, danau air tawar yang membentuk telaga yang digunakan untuk pengembangan ikan dan udang galah. Selain itu, kawasan Pantai Samas juga digunakan sebagai tempat persinggahan penyu-penyu langka seperti penyu blimbing, penyu sisik dan penyu hijau untuk bertelur. Bentuk dari bibir Pantai Samas ini agak curam sehingga para wisatawan dilarang berenang di tepi pantai karena cukup berbahaya.

Salah satu kegiatan yang menjadi daya tarik dari Pantai Samas ini adalah acara adat yang berlangsung di Pantai Samas ini. Kegiatan ritual keagamaan masyarakat yang dilakukan yaitu Upacara Kitab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut yang diadakan setiap malam 1 suro yang merupakan tradisi masyarakat Sanden untuk mengenang legenda Maheso Suro. Legenda ini berawal dari kemiskinan yang menimpa masyarakat Sanden. Kemudian mereka memohon kepada sang maujud agung agar terbebas dari kemiskinan. Mereka memohon dengan cara bersemedi di Pantai Samas. Pada saat mereka bersemedi tersebut tiba-tiba muncullah kerbau hitam dari Pantai Samas yang akhirnya dipelihara dengan kerbau-kerbau lokal lainnya.

Kerbau hitam tersebut dipakai untuk membajak sawah pertanian. Tetapi anehnya setiap kali kerbau hitam itu merusak tanaman di sawah ladang yang dilewatinya, tanaman tersebut justru tumbuh subur. Sejak saat itu tanaman yang ada disana tumbuh subur dan mereka terbebas dari kemiskinan. Setelah beranak pinak maheso suro yang muncul pertama kali itu langsung menghilang secara misterius entah kemana. Warga setempat melaksanakan ritual tersebut sebagai tanda terimakasih kepada Tuhan yang Maha Kuasa yang telah memberi rezeki di bumi dengan cara Upacara Kitab Tumuruning Maheso Suro dilanjutkan Labuhan Sedekah Laut.

Di sebelah timur Pantai Samas ini terdapat Pesona Pengklik Pantai Samas. Salah satu keunikan dari kawasan wisata Pengklik ini adalah Laguna air nya yang terbentu secara alami dikarenakan pertemuan dua sungai yang terdapat disana. Laguna air ini selain menjadi pemandangan yang menarik juga dimanfaatkan untuk kuliner apung, perahu, dan tempat memancing. Selain itu, fasilitas lainnya yang telah disediakan diantaranya seperti wahana bermain, gardu pandang, tambak udang, dan fasilitas lainnya.

Selain fasilitas yang disebutkan, kawasan Pengklik ini juga memiliki berbagai keindahan panorama, yaitu dari arah utara, kita bisa melihat hamparan sawah yang cukup luas. Dari arah timur kita bisa melihat pemandangan pegunungan gunung kidul yang membentang dari utara hingga ke laut. Lalu pada arah selatan kita bisa melihat Laguna air dan papan nama yang bisa dijadikan spot foto disana. Dari arah barat kita juga bisa melihat Laguna air yang dilengkapi dengan kuliner apung. Sedangkan di bagian tengah, terdapat sebuah mercusuar yang bernama mercusuar Patehan yang bisa kita gunakan untuk melihat segala arah dari atas. 

 

Lokasi :

Pantai Samas terletak di Sogo Sanden, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55763, Indonesia.

 

Rute menuju Pantai Samas:

Rute menuju Pantai Samas cukup mudah untuk dicapai. Jika anda dari pusat Kota Yogyakarta, ke arah selatan ke Jalan Brigjen Katamso, lalu jalan terus melewati Jalan Parangtritis, jalan terus sampai pertigaan jalan ke barat melewati Jalan Cepit-Tembi, sampai di pertigaan ke selatan melewati Jalan Bantul lalu jalan terus melanjutkan perjalanan menuju Jalan Samas. Jika sudah berada di Jalan Samas, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Pantai Samas. 26,4 KM dari Pusat Kota Yogyakarta.

 

Tiket

  • Harga tiket masuk  Rp 4.000,-/orang
  • Biaya parkir di Pantai Samas yaitu:
    • Rp 2.000,- untuk motor
    • Rp 5.000,- untuk parkir mobil.

 

 

Source : https://wedangkopiprambanan.com/pengklik-pantai-samas-wisata-di-bantul-yang-asik-untuk-liburan-akhir-pekan/



Liburan Ke Jogja Yuk,

bersama kami Aldebaran Homestay 

Kami menyediakan room buat singgah keluarga dan teman-temanmu, beserta rental motor dan mobil.

Tarif mahasiswa, murah meriah

Rombongan Lebih Seru, Lebih Murah, Lebih Meriah

 

Hubungi kami :

0822-4251-9444 (bisa juga via WhatsApp)

 

Salam Hangat

Aldebaran Homestay