Pantai Goa Cemara


Ketersediaan : Tersedia

Pantai Goa Cemara

Bantul bisa jadi bukan kata pertama kali melintas di pemikiran kebanyakan orang ketika mendengar kata pantai. Namun jangan salah, di wilayah satu ini ada sebuah lokasi yang menyajikan keindahan panorama luar biasa sekaligus unik, berbeda wisata bernuansa samudra lainnya. Tempat yang dimaksud tak lain adalah Pantai Goa Cemara.
Pantai Goa Cemara memiliki panorama alam yang indah dengan banyak sekali pohon cemara di sekitarnya. Selain itu juga terdapat sebuah lorong panjang menyerupai Goa yang terbentuk oleh ratusan pohon cemara di tempat ini. Meski namanya tak setenar Pantai Parangtritis, namun keindahan pemandangan alam di Pantai Goa Cemara tidak boleh diragukan. Tempat ini masih tergolong wisata baru sehingga wajar bila Pantai Goa Cemara masih belum begitu disesaki pengunjung.


Hal yang menarik lainya dari pantai goa cemara adalah terdpat sebuah mercusuar setinggi kurang lebih 40 meter. Mercusuar ini boleh dinaiki oleh pengunjung, hanya saja dibatasi 2 pengunung sekali naik. bahkan tiket untuk naik relatif murah. hanya membayar 5.000 rupiah untuk 2 orang. Dari atas mercusuar pantai goa cemara, pengunjung dapat menikmati keindahan pantai di sekitar pantai goa cemara, pemandangan tambak udang yang ada disana, dan hamparan hutan pohon cemara yang menyebar sepanjang pantai.

Yang menarik di Pantai Goa Cemara :
Menurut warga setempat, terdapat sekitar 6000 lebih pohon cemara udang yang memenuhi lahan seluas 20 hektar di pinggir pantai. Jarak yang dekat dahan saling berhimpitan satu dan lain membuat pemandangan semakin unik dan enggan untuk meninggalkan tempat karena kesejukan semilir angin dari arah pantai.
Hutan Cemara Udang ini awalnya dibuat oleh Kelompok Tani Raharjo Dusun Patehan. Fungsinya antara lain untuk memanfaatkan lahan kosong di kawasan pantai sekaligus sebagai pemecah angin atau win barrie untuk mencegah pengikisan Gosong (gumuk pasir ). Dampak positif lain yaitu dapat menjadi Kawasan objek wisata yang memiliki pesona indah.

Tiket masuk Pantai Goa Cemara :

Untuk tiket masuk tempat wisata per orang Rp. 4.000
Tiket Parkir Bus : Rp. 15.000,-
Tiket Parkir Mobil : Rp. 5000,-
Tiket Parkir Motor : Rp. 2000,-

Jam buka wisata Pantai Goa Cemara :
Buka setiap hari, mulai pukul : 06.00 – 17.00 WIB.

Fasilitas yang ada di objek wisata Pantai Goa Cemara :


Toilet , retribusi Rp.2000,-
Mushola
Warung Makan
Tempat pakir luas
Hiburan
Camping Ground
Sewa kuda

Penasaran ingin menyaksikan keindahannya secara langsung, Travelingyuk pun langsung datang untuk menyambangi Pantai Goa Cemara. Tiba di lokasi sekitar pukul dua siang, pengunjung di pantai ini masih cukup banyak. Di sekitar area parkir, nampak sejumlah tenda didirikan. Tak jauh dari situ, sejumlah murid sekolah tampak asyik bercengkrama satu sama lain. Ada juga yang kelihatan lelah dan memilih tiduran sembari menikmati angin semilir.

Rute:

Adapun rute perjalanan ke Wisata Jogja Pantai Goa Cemara yang bisa Anda tempuh yakni dengan langsung ke arah pantainya ataupun melalui Pantai Samas yang letaknya berdekatan dengan Pantai Goa Cemara. Jika melalui Pantai Samas maka dari arah Palbapang langsung saja jalan lurus terus hingga menuju selatan yakni ke arah Pantai Samas. Jika sudah barulah Anda belok ke kanan sekitar 1 km menuju ke arah wisata Pantai Goa Cemara.

Jika Anda ingin langsung menempuh perjalanan ke Pantai Goa Cemara maka sekitar 3 km sebelum memasuki gerbang retribusi di Pantai Samas Anda langsung saja mengikuti plakat di sebelah kanan yang akan menunjukkan rute ke Pantai Goa Cemara.

 

Sumber : Google

------------------------------------------------*****************----------------------------------------

Liburan Ke Jogja Yuk,

bersama kami Aldebaran Homestay 

Kami menyediakan room buat singgah keluarga dan teman-temanmu, beserta rental motor dan mobil.

Tarif mahasiswa, murah meriah

Rombongan Lebih Seru, Lebih Murah, Lebih Meriah

 

Hubungi kami :

0822-4251-9444 (bisa juga via WhatsApp)

 

Salam Hangat

Aldebaran Homestay