Product sudah berhasil ditambah ke cart.

Pantai Bugel


Ketersediaan : Tersedia

Pantai Bugel

Pantai Bugel adalah salah satu wisata alam yang berada di kawasan Panjatan, Kulonprogo. Perjalanan ke Bugel dari pusat kota Jogja, memakan waktu hampir 1,5 jam lebih. Dari arah kota Bantul, Bugel dapat dicapai dalam waktu kurang dari 1 jam (45 menit). Bugel sendiri terletak di jalur pantai Glagah dan pantai-pantai Kulon Progo. Letaknya di Panjatan, Bugel, Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Walaupun namanya masih terdengar sangat asing di telinga para wisatawan, nama ‘Pantai Bugel’ ternyata menyimpan banyak keindahan dan keunggulan yang tidak disangka-sangka oleh pemburu tempat wisata. Tidak seperti Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti, maupun Pantai Pok Tunggal yang berada di Gunungkidul dan tentunya sudah banyak fotonya sudah berlalu lalang di berbagai sosial media, salah satunya Instagram.

Untuk menikmati kesepian di pantai ini Anda tak perlu merogoh saku. Selain tak ada tiket masuk atau retribusi, petugas parkirnya juga tak nampak. Meskipun relatif aman, Anda tetap perlu mengawasi kendaraan yang terparkir. Pantai Bugel layaknya pantai pribadi yang bisa membuat Anda benar-benar bebas. Bagi Anda yang membawa mobil harap berhati-hati karena jalanan sempit. Lebar jalan menuju pantai ini tak cukup untuk dua kendaraan yang berpapasan. Medan yang terjal dan berbatu tak disarankan untuk anda yang baru belajar mengemudi.

Di dalam area pantai ini memiliki banyak pohon cemara yang menjadi daya tarik sekaligus penambah unsur keindahan pantai. Pantai yang berlokasi di Kulonprogo ini walaupun belum banyak dijamah oleh wisatawan, pantai ini justru memberikan pesonanya yang tidak kalah dengan pantai di Jogja lainnya. Lokasi tepatnya berdekatan dengan Pantai Trisik dan Pantai Glagah.

Seperti halnya pantai-pantai lain di selatan Pulau Jawa, Jika anda berkunjung ke Pantai Bugel tak disarankan berenang atau mandi. Ombaknya yang tinggi dan menggulung bisa memakan korban jiwa. Selain itu tak ada tenaga paramedis dan Search and Rescue (SAR) yang siap siaga untuk menolong. Dulunya, Pantai Bugel terkenal karena pasir besinya dan sempat akan digunakan untuk penambangan. Saat ini pantai yang cocok untuk “menyepi” ini seperti terlantar dan tak terurus. Sampah-sampah yang berasal dari laut menumpuk di bibir pantai. Aroma menyengat datang dari biota laut yang mati dan membusuk. Pohon-pohon cemara udang (Casuarina equisetifolia) meninggi dan menyejukkan siang yang terik.

Pantai yang masih sangat terlihat asri ini sering dimanfaatkan pengunjung untuk mencari ketenangan karena suasananya yang masih sangat sepi dan minim pengunjung. Apabila Anda ingin mengadakan acara seperti camping, tentu Anda dapat memilih pantai ini untuk menikmati kebersamaan bersama teman-teman maupun keluarga.

Namun yang perlu diperhatikan adalah ombak di pantai ini dapat terbilang besar, jadi Anda yang membawa buah hati harap untuk memberikan perhatian yang ekstra karena di pantai berpasir hitam ini tidak memiliki tim SAR yang dengan siaga menolong.

Harga Tiket Masuk di Pantai Bugel Free

Tarif Parkir :

- Rp 2.000/ Untuk kendaraan roda dua

- Rp 5.000/ Untuk kendaraan roda empat

Rute Lokasi Pantai Bugel

Dari Jogja Menuju Jalan Bantul – Jalan Srandakan – Ketemu Jembatan Progo – Di lampu merah Brosot ambil kiri ke arah Glagah, Purworejo – ikuti jalan sekitar 20 menit sampai ketemu tanda jalan ‘Pantai Bugel’ di kiri jalan, ambil kiri, ikuti jalan aspal (cukup rusak naik turun) – sampai pertigaan ambil kiri ke arah tempat pelelangan ikan.

Jalur Alternatif:

Dari Lampu merah Brosot (Setelah Jembatan Progo) – Ambil Kiri – Lewat Pantai Terisik– Masuk Kawasan Pantai (bayar retribusi di TPR) – Ikuti Jalan aspal pinggir pantai Lurus sampai ke lokasi. (Jalan Aspal Lurus Pinggir Pantai Trisik – Bugel bergelombang naik turun)

Pantai Bugel hanya menawarkan sebuah ketenangan yang bisa dinikmati di sebuah area ombak pantai.

Bahkan pantai ini seringkali dipilih oleh pengunjung yang memang ingin benar-benar menikmati suasana pantai yang sepi dan bebas dari keramaian. Salah satu keunggulan pantai di pesisir Kulongprogo ini tidak banyak orang berjualan, tidak banyak orang berebutan untuk selfie, dan juga area pantai yang tidak kotor karena sampah makanan yang dibuang sembarangan.

Sumber : Google