KAMPUNG EDUKASI WATU LUMBUNG


Ketersediaan : Tersedia

KAMPUNG EDUKASI WATU LUMBUNG


Mau Liburan yang bermanfaat dan berkualitas? Kepenatan dalam bekerja atau beraktifitas akan hilang jika kita berwisata. Berwisata tidak perlu mengeluarkan banyak uang, ya meskipun harus keluar uang banyak pasti akan terbayar dengan suasana hati yang kembali ceria. Waktu yang berkualitas bersama orang –orang terkasih akan membuat waktu liburan anda lebih bermakna, apalagi jika selain untuk menghibur hati juga bisa memberikan edukasi. Kampung Edukasi Watu Lumbung bisa jadi pilihan untuk liburan. Berlokasi di Bukit Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta, Watu Lumbung menawarkan keindahan pemandangan khas pinggiran Yogyakarta sekaligus wisata edukasi yang tak terlupakan.

 

Kampung Edukasi Watu Lumbung didirikan tahun 2003 oleh Muhammad Boy Rifai yang sejak awal ingin memberdayakan dan membantu perekonomian masyarakat sekitar melalu sector pariwisata. Kawasan ini memiliki beberapa area seperti area outbond, perpustakaan, warung santai, taman bermain anak, flying fox, dan sebagainya.

Kampung Edukasi Watu Lumbung didirikan di tengah area perkebunan pohon jati. Konsep alam juga melekat di kontruksi bangunan di kawasan ini. Penggunaan bambu digunakan untuk membuat gubuk santai diantara pohon-pohon jati. Beberapa bangunan berupa rumah pohon dibuat hingga tiga lantai dengan batang pohon jati yang masih hidup sebagai tiang penopangnya. Dari sini, pengunjung bisa menikmati indahnya pemandangan dari atas bukit.

Pengunjung bebas memilih warung sambil menikmati dari warung-warung yang ada. Beberapa warung yang ada di Kampung Edukasi Watu Lumbung antara lain Kedai Wedangan, Pusat Sate Kiloan, Lembayung, Kedai Susu, dan Alas Kuliner.

Salah satu daya tarik Kampung Edukasi Watu Lumbung adalah gardu pohon yang dibangun di salah satu pohon jati. Konsep gardu pohon ini meniru dengan gardu pohon yang ada di Kalibiru Kulon Progo. Keamanan dan keselamatan juga tidak luput dari pengawasan pengelola. Dari atas gardu pohon, pengunjung bisa menikmati pemandangan liukan Kali Opak dan Jembatan Opak yang ikonik.

Selain tempat nongkrong, disini pengunjung juga diajak melakukan penghijauan dengan penanaman pohon di sekitar Bukit Watu Lumbung. Selain itu, pengunjung juga bisa menyumbangkan buku bacaan di perpustakaan yang ada disini. Dengan menyumbangkan buku bacaan minimal 3 buah, pengunjung akan mendapatkan penghargaan berupa makanan, minuman, atau souvenir gratis.

Waktu paling pas mengunjungi Kampung Edukasi Watu Lumbung adalah saat sore hari karena pengunjung bisa menyaksikan indahnya senja di ufuk barat dari atas bukit.

Lokasi 

  • Jalan Panglima Sudirman, Parangtritis, Kretek, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772

Harga Tiket

  • Saat weekday, harga tiket masuk Watu Lumbung adalah Rp5,000.00. Sementara saat weekend, harga tiket masuk Watu Lumbung adalah Rp5,000.00. Harga weekday umumnya berarti hari Senin-Jumat, sementara weekend Sabtu dan Minggu.

**Harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Cara menuju Kedai Wedangan Watu Lumbung

Dari jembatan Kretek Jalan Parangtritis, sebelah selatan jembatan terdapat pertigaan, anda hanya perlu belok ke timur sekitar 500 meter. Kemudian terdapat pertigaan belok ke kanan (ada papan Watu Lumbung), ikuti jalan sekitar 100 meter, Kedai Wedangan berada tepat di sebelah kanan jalan. Anda harus berhati-hati ketika menuju kedai ini karena jalan yang menanjak dan curam.

 Source : https://eksotisjogja.com/wisata-asik-kampung-edukasi-watu-lumbung/

Source : https://www.paketwisatajogja.info/asiknya-berwisata-sekaligus-belajar-di-watu-lumbung-jogja.htm 

Source : https://wiratourjogja.com/kampung-edukasi-watu-lumbung/ 

 


Liburan Ke Jogja Yuk,

bersama kami Aldebaran Homestay 

Kami menyediakan room buat singgah keluarga dan teman-temanmu, beserta rental motor dan mobil.

Tarif mahasiswa, murah meriah

Rombongan Lebih Seru, Lebih Murah, Lebih Meriah

 

Hubungi kami :

0822-4251-9444 (bisa juga via WhatsApp)

 

Salam Hangat

Aldebaran Homestay