Kampung Cyber, Kampung Kecil di Jogja yang Mendunia


Ketersediaan : Tersedia

Kampung Cyber, Kampung Kecil di Jogja yang Mendunia



Related image

source : https://netnographicencounters.com/2014/03/27/behind-the-kings-bath-a-visual-tour-of-an-indonesian-cyber-village/

Lokasi dan Akses

Lokasi Kampung Cyber berada di Taman KT I/434, RT 36. Rw 09, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta 55133, Indonesia. Lokasi Kampung Cyber ini dekat dengan Wisata Taman Sari.

Jalanan menuju kampung ini tergolong sempit. Mobil tidak bisa lewat dari jalan. Jalanan hanya tersedia untuk sepeda motor dan sepeda. Oleh karena itu, jika Anda ingin berwisata ke tempat ini disarankan Anda menggunakan sepeda motor.


Dikenal sebagai kota pelajar, Yogyakarta juga sangat update dengan teknologi. Coba sesekali kamu main ke kawasan Kampoeng Cyber di Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta.

Dari namanya sudah jelas kalau teknologi adalah satu hal yang dijunjung tinggi kampung yang satu ini. Dengan misi mengejar ketertinggalan dan menjembatani keterbatasan dalam berteknologi, khususnya internet, Kampung Cyber diresmikan pada 2008 lalu.

Menariknya, konsep kampung cyber ini pun nggak cuma berhenti di satu RT (rukun tetangga) saja. Diawali oleh inisiatif warga di RT 36, virus internet secara baik menjalar ke RT-RT lain sehingga terciptalah Kampoeng Cyber.

Alhasil, kegiatan masyarakatnya pun nggak jauh-jauh dari internet, lho. Selain penggunaan website untuk menyampaikan pengumuman, warga Kampoeng Cyber juga sering saling berkirim email untuk menyebarkan pesan penting.

Rumah warga di sini tidak terbilang mewah alias sangat sederhana. Hampir seluruhnya sederhana. Bernuansa etnik Jawa. Antara rumah yang satu dengan rumah yang lainnya seperti tidak berjarak. Namun, lingkungannya sangat bersih. Jangan berpikir sampah berserakan di jalanan.

Tembok jalanan dan tembok beberapa rumah warga tersaji mural. Gambarnya unik dan pesannya edukatif. Semua gambarnya bernuansa etnik Jawa, seakan menunjukkan identitas Kampung Cyber yang sesungguhnya.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kampung Cyber untuk menikmati nuansa perumahan kampung etnik Jawa dengan dihuni warganya yang melek teknologi, dapat menghubungi petugas keamanan Kampung Cyber atau pemandu wisata di sekitar Taman Sari. Selain menikmati uniknya suasana, suguhan warung makan pun menyajikan panganan khas Yogyakarta. Bagaimana, penasaran dengan Kampung Cyber.


Pemakaian Nama Pendiri Facebook untuk Nama Jalan

Image result for kampung cyber jogja

source : http://newslab.uajy.ac.id/2018/04/11/kampung-cyber-berawal-dari-keinginan-untuk-maju/

Kunjungan Mark Zuckerberg ke Yogyakarta tiga tahun silam meninggalkan kesan mendalam. Sebuah kampung yang dihuni sekitar 40 kepala keluarga baru-baru ini menamakan sebuah jalan atas nama pendiri Facebook itu.

Kampung Taman yang terletak di Kelurahan Paten, Kecamatan Kraton, itu juga jamak disebut sebagai Kampung Cyber. Selain Zuckerberg, Menteri Komunikasi dan Informatika RI saat ini, Rudiantara, juga diabadikan sebagai nama jalan di sana.

“Kami abadikan dua nama itu sebagai nama jalan sebagai bentuk apresiasi. Karena manfaatnya banyak, di antaranya membuat kampung kami lebih dikenal,” kata Ketua RT 36 sekaligus penggagas Kampung Cyber, Antonius Sasongko, kepada Rappler beberapa waktu lalu.

Nama Jalan Mark Zuckerberg terpasang sejak Agustus 2017 di ruas jalan yang dilalui oleh bos Facebook ketika berkunjung di desa tersebut pada 2014 silam. Sementara Jalan Rudiantara terpasang pada 9 September lalu dan diresmikan langsung oleh Menkominfo itu sendiri.



Cari penginapan/homestay yg nyaman, dekat dengan pusat kota, terjangkau, dan mudah diakses?

Aldebaran Homestay jawabannya...

Letak yg strategis di dekat batas kota Yogya dan kabupaten Sleman, menjadikan homestay kami mudah dicari dan diakses oleh kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Menawarkan kamar yang sejuk, luas, bersih, dan design zaman now. Menjadikan liburan di Jogja Anda semakin berkesan.

Tersedia juga sewa mobil atau motor dengan harga terjangkau

More info please contact : 082 242 519 444