GOA JOMBLANG: Cahaya Surga di Perut Bumi


Ketersediaan : Tersedia

Rencanakan liburan kalian seindah mungkin bersama kami Aldebaran Homestay

Kami menyediakan room buat singgah keluarga dan teman-temanmu, beserta rental motor dan mobil.

Tarif mahasiswa, murah meriah

Bisa rombongan ^^

 

Hubungi kami :

0822-4251-9444 (bisa juga via WhatsApp)

 

Best Regards,

Aldebaran Homestay

--------------------------------------------

 

GOA JOMBLANG

Cahaya Surga di Perut Bumi

 

Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline. Goa ini terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu. Runtuhan ini membentuk sinkhole atau sumuran yang dalam bahasa Jawa dikenal dengan istilah luweng. Itulah yang membuat unik karena di dalam goa terdapat luas mulut goa sekitar 50 meter ini sering disebut dengan nama Luweng Jomblang.

Sinar matahari yang menerobos masuk dari Luweng Grubug setinggi 90 meter membentuk satu tiang cahaya, menyinari flowstone yang indah serta kedalaman goa yang gelap gulita. Air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan. Tidak salah jika banyak orang terkagum-kagum datang ke sini ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah "cahaya surga".

Sumber : https://camerawisata.com/wp-content/uploads/2018/12/Screenshot_197.png

Oh iya untuk masuk ke goa ini ada beberapa jalur yang wisatawan bisa lalui. Diantara jalur Goa Jomblang yang bisa di lalui dengan berjalan kaki memilki kedalaman 15 meter.

Pemandangan di dalam gua pun sangat berbeda jauh dengan di luar goa. Bisa di bilang didalam gua ini sangat cantik karena banyak tumbuhan dan ornamen gua yang menghiasi, diantaranya tumbuhan paku ornemen, batu kristal, stalaktit, serta stalagmit.

Selain itu di dalam gua jomblang ini juga ada sungai yang mengalir deras. Dari dalam gua ini banyak cahaya yang masuk dari celah maupun mulut goa sehingga membentuk mahakarya yang menakjubkan.

Sumber: https://www.mldspot.com/sites/default/files/field/image/Goa-Jomblang-Yogyakarta-3.jpg

Terbentuknya Goa Jomblang ini karena adanya perlarutan dan peruntuhan lapisan batu gamping yang berumum sekitar 15 – 30 juta tahun. Memiliki kedalaman 60 meter yang bergaris tengah 50 meter ke dasar lubang atau di sebut Sumuran. Sumuran ini ini terhubung dengan lorong mendatar yang berakhir di Luweng Grubug.

Luweng Grubug sediri adalah sumuran tunggal yang memiliki kedalaman 90 meter, merupakan sumuran terdalam di pulau jawa. Tak hanya itu ada aliran sungai bawah tanah yang menjadi daya tarik lain pada wisata Goa Jomblang ini.

Sumber: https://merahputih.com/media/2016/02/17/INDOd6b4zF1455692700.png

Harga Tiket Masuk ke Goa Jomblang

Rp 450.000,- sampa Rp 1.000.000,-

Memang tergolong mahal untuk harga tiket, karena kamu harus menyewa pemandu serta peralatan yang tak sedikit.

Lalu untuk harga parkir satu motor akan dikenakan tarif Rp. 3000.

Sumber: https://camerawisata.com/goa-jomblang-gunung-kidul-yogyakarta/

 

Lokasi Goa Jomblang Gunung Kidul

Untuk lokasi Goa Jomblang ini berada di Jetis Wetan, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta . Waktu tempuh dari Kota Yogyakarta ke tempat wisata ini kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Untuk rute ke Goa Jomblang yang bisa kamu ambil adalah melalui Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – kemudian menuju ke Wonosari dan bisa anda lanjutkan ke Desa Pacareja. Atau untuk rute detailnya anda bisa klik Google maps ini untuk beberapa rute yang bisa kamu akses dari Jogja.

Dalam perjalanan diharapkan sangat berhati – hati bukan keren jalannya jelek, namun karena jalannya naik turun dan berkelok – kelok. Pastikan juga kendaraan yang anda naiki dalam kondiri baik atau layak di naiki.

Jika kamu ingin datang ke wisata Goa Jomblang ini sebaiknya datang pada pukul 08.00 – 12.00 siang. Karena pada jam – jam itu kamu akan mendapatkan pemandangan yang luar karena sinar matahari masih cerah.

Sedangkan Jam buka Goa jomblang ini mulai pada pukul 08.00 sampai 14.00 WIB. Saran kami datanglah pagi pagi sekali untuk menghindari macetnya kota Jogja hehehe...

 

 

Sumber: http://cdn2.tstatic.net/travel/foto/bank/images/gua-jomblang_20170311_111324.jpg