Product sudah berhasil ditambah ke cart.

Candi Sambisari, Candi Yang Sempat Terpendam Tanah


Ketersediaan : Tersedia

Candi Sambisari

Candi yang memiliki letak lebih rendah 5-6 meter di bawah permukaan tanah disekitarnya. Dengan demikian jika anda mengunjungi Candi Sambisari ini anda harus melewati puluhan anak tangga yang tersusun rapi menuju bangunan kompleks candi. Candi Sambisari ini merupakan candi terbesar di Yogyakarta yang letaknya berada di bawah permukaan tanah disekitarnya.

Bagaimana Candi Sambisari dapat berada di bawah permukaan tanah disekitarnya? Jawabannya yaitu awal mula ditemukan candi ini adalah ketika seorang petani bernama Karyowinangun yang sedang mencangkul di sawah dan cangkulnya mengenai batu keras yang memiliki ukiran atau pahatan dipermukaannya. Batu itupun kemudian diteliti oleh Dinas Kepurbakalaan dan ditemukanlah bahwa batuan tersebut merupakan batuan dari komponen suatu candi. Setelah ditemukan fakta bahwa batu tersebut merupakan komponen batuan candi, area penemuan candi tersebut kemudian dilakukan evakuasi dan penggalian lebih lanjut. Butuh waktu yang cukup lama untuk proses evakuasi, penggalian hingga pemugaran yaitu tak kurang dari 20 tahun. Candi tersebut diberi nama sesuai nama desa candi tersebut ditemukan yaitu Candi Sambisari.

Candi Sambisari terdiri dari kompleks candi induk dan 3 candi pewara atau candi pendamping dengan dikelilingi pagar batu 2 lapis. Untuk memasuki area candi terdapat 4 pintu masuk. Sepintas lihat Candi Sambisari menyerupai kastil batu yang terletak di tengah taman. Rumput yang tumbuh teratur di pelataran candi laksana permadani hijau yang indah.

Selain dinikmati dari pelataran, keindahan Candi Sambisari yang posisinya lebih rendah dari permukaan tanah sekitar ini juga bisa dilihat dari ketinggian. Puas menikmati pesona Sambisari, wisatawan bisa mampir ke museum mini untuk mengetahui rangkaian sejarah eskavasi candi.

Lokasi Candi Sambisari

Candi Sambisari terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, DIY. Jarak dari Kota Yogyakarta hanya sekitar 12 km arah timur, atau kira-kira 4 km sebelum Kompleks Candi Prambanan. Wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan menelusuri jejak sejarah Candi Sambisari cukup membayar retribusi Rp 3.000 per orang.

Lokasi dan Akses Menuju Candi Sambisari

Candi Sambisari berada di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Dari Kota Yogyakarta candi ini berjarak sekitar 12 km arah timur. Untuk mencapai Candi Sambisari kamu bisa menyusuri Jalan Raya Jogja – Solo. Sesampainya pertigaan Bandara Adi Sutjipto kamu masih harus lurus terus. Begitu menjumpai pertigaan dengan penanda Gedung Balai Diklat Keuangan Yogyakarta silahkan belok kiri menuju utara. Tak sampai 10 menit kamu akan tiba di Candi Sambisari yang terletak di area perkampungan warga.

Harga Tiket dan Jam Buka Candi Sambisari

  • Harga tiket: Rp 3.000 per orang
  • Jam Buka: 08.00 – 16.00 WIB